Tourist Information

Tirai air yang mempesona Curug Sawer

Jika di Lombok ada Air Terjun Benang Kelambu yang memesona, Tasikmalaya memiliki Curug Sawer yang tidak kalah indah. Kemiripan keduanya adalah keberadaan air terjun yang membentuk sebuah tirai air yang indah.

Bukan hanya pancuran air alami yang menyebar, panorama di sekitar Curug Sawer juga memanjakan mata. Susunan batu besar dikelilingi pohon rindang menyegarkan siapapun yang datang ke sana. Belum lagi udara sejuk dan atmosfer yang asyik untuk menurunkan tingkat stres kamu.

Lokasi: Mandalamekar, Jatiwaras, Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

Bak ke negeri dongeng Curug Dengdeng

Penggambaran negeri dongeng yang luar biasa indah mungkin bisa kamu bandingkan dengan panorama alam di sekitar Curug Dengdeng. Ajaib banget, lho!

Curug Dengdeng-nya sendiri menawarkan pemandangan yang memesona. Di antara pepohonan hijau yang rindang, terdapat curug bertingkat, yang setiap levelnya memiliki daya tarik tersendiri. Pemandangannya mirip Niagara Mini.

Bukan hanya pepohonan rindang yang asyik, bebatuan hitam di pinggiran sungai juga menghadirkan kekayaan alam tersendiri. Destinasi wisata di Tasikmalaya ini tidak boleh kamu lewatkan, ya!

Lokasi: Cikatomas, Tawang, Pancatengah, Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

Curug landai nan unik Curug Panetean

Jika biasanya curug memiliki ketinggian tertentu untuk mencurahkan airnya, tidak demikian dengan Curug Panetean. Curug ini kebanyakan disebut leuwi, karena yang paling berkesan adalah aliran airnya yang jernih dan menyenangkan.

Curug Panetean mencurahkan airnya di beberapa tingkatan, panoramanya juga cukup menarik dan Instagenik. Namun yang paling mengesankan adalah aliran sungainya yang jernih, tenang dengan air yang segar, sehingga sulit untuk tidak menceburkan diri dan bermain di dalamnya.

Lokasi: Kecamatan Pancatengah, Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

Rainbow light yang menawan hati Curug Agung Galunggung

Ingin menyaksikan keindahan air terjun di malam hari, kamu bisa langsung menuju ke Curug Agung Galunggung, di area wisata Gunung Galunggung. Di destinasi wisata di Tasikmalaya ini, kamu akan melihat air terjun yang berpendar.

Curug ini memang menawarkan sinar pelangi buatan pada cucuran airnya. Instalasi lampu yang dipasang memberikan daya tarik tersendiri, yang sama sekali tidak bisa dilewatkan. Selain menyaksikan keindahan curug dari kejauhan, kamu tidak diizinkan untuk bermain air di bawahnya karena terlalu berbahaya.

Lokasi: Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

 

Sensasi berenang asyik di surga yang tersembunyi Curug Pamutuh

Curug Pamutuh pantas mendapat predikat surga yang tersembunyi. Bukan hanya memiliki pemandangan alam yang indah, nuansa dan atmosfer yang ditawarkan juga cozy banget!

Bayangkan, di destinasi wisata di Tasikmalaya yang ini, kamu bisa berenang di Leuwi Hejo, tepat di bawah curug, yang mengalirkan air segar dan jernih, dengan debit air yang tidak cukup deras. Pepohonan hijau yang asri dan tidak banyak paparan sinar matahari menambah eksotisme curug ini. Susah untuk tidak terpesona dengan pemandangan yang ada.

Lokasi: Cigadog, Leuwisari, Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

Jembatan tua nan eksotis Jembatan Cirahong

Sejatinya, jembatan ini bukanlah destinasi wisata di Tasikmalaya yang mainstream. Namun keunikan dan pemandangan Instagenik yang disajikan membuatnya sulit untuk mengesampingkan jembatan ini.

Jembatan sepanjang 200-an meter itu dibangun pada tahun 1893, yang artinya lebih dari satu abad berdiri. Namun, kekokohan jembatan tersebut tidak patut dipertanyakan karena sampai sekarang masih dipergunakan sebagai penghubung dua wilayah untuk kereta api, kendaraan bermotor dan manusia.

Yang spesial adalah pemandangan alam sekitar dan jembatan itu sendiri. Kamu pun bisa memaksimalkannya dengan berfoto keren di jembatan yang Instagenik itu.

Lokasi: Desa Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

Tebing batu keren dengan aliran sungai asyik Tonjong Canyon

Destinasi wisata di Tasikmalaya yang ini mulai ngehits dalam beberapa waktu terakhir. Pesona alam yang tidak biasa menjadi alasan utamanya.

Di Tonjong Canyon, kamu akan melihat tebing batu yang membendung aliran sungai dengan kontur yang unik dan pemandangan yang Instagenik. Berenang, selfie hingga sekadar bersantai menikmati alam yang asri menjadi aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini.

Lokasi: Ds. Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

Spot wisata yang seru Taman Wisata Karang Resik

Destinasi wisata di Tasikmalaya yang ini menjadi salah satu destinasi yang cukup ngehits dalam beberapa bulan terakhir. Banyaknya wahana bermain dan spot foto menarik menjadi alasan utamanya.

Spot wisata ini juga cocok untuk semua tingkatan umur. Banyak tempat menarik juga untuk bersenang-senang bersama keluarga atau sahabat, mulai dari taman labirin, taman bunga, rumah pohon dan banyak lagi lainnya. Tertarik untuk berkunjung?

Lokasi: Jl. Mohamad Hatta, Sukamanah, Cipedes, Tasikmalaya
Harga tiket: 15,000 IDR per orang

Belajar budaya di Kampung Naga

Ingin mengenal dan mengetahui lebih dalam kearifan lokal Tasikmalaya, Kampung Naga menjadi destinasi yang harus kamu tuju. Di sini, kamu bisa belajar kehidupan sederhana warga dan budaya yang luhur.

Keaslian kampung ini masih terjaga, termasuk bila berbicara mengenai gaya hidup penduduknya. Nuansa alam dan panoramanya yang keren menambah eksotisme kampung ini. Belum lagi atmosfer sejuk yang membuat siapapun bisa betah berada di dalamnya.

Lokasi: Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

 

Pantai cantik di pesisir selatan Tasikmalaya Pantai Karang Tawulan

Batu karang yang tersebar nyaris di semua pesisir pantai menjadikan pantai ini memberikan pemandangan yang menakjubkan. Dengan ombak dari Laut Selatan yang ikonik, pantai Karang Tawulan menawarkan banyak hal menarik untuk dijelajahi.

Momen paling mengesankan bertandang ke pantai ini adalah menjelang sore. Pasalnya, pemandangan alam menjelang matahari terbenam di ufuk barat akan sangat memesona dan tidak boleh dilewatkan.

Lokasi: Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis

Destinasi wisata selfie kekinian Wisata Pasir Kirisik

Seperti halnya destinasi wisata di kota lain, Tasikmalaya juga memiliki destinasi wisata yang memanjakan para Instagrammer kekinian. Destinasi itu adalah Taman Wisata Pasir Kirisik.

Dibangun di atas lahan seluas tujuh hektar, tempat wisata ini memiliki sejumlah lokasi foto yang Instagenik, mulai dari perahu bambu dengan background perbukitan Tasikmalaya, ayunan ekstrim hingga kolam renang yang menyegarkan.

Lokasi: Desa Guranteng, Kecamatan Pagerageung, Tasikmalaya
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

Kawah Putih-nya Tasikmalaya Karaha Bodas

Tasikmalaya memiliki kawah belerang dan hutan pinus yang rupawan, lho! Potensi alam ini sudah dimaksimalkan sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi, sementara sektor wisatanya masih terus dikembangkan.

Kawah putih-nya Tasikmalaya itu juga memiliki pemandangan yang istimewa. Lanskap berbukit dengan perpaduan warna hijau, putih dan kuning dari belerang memunculkan pesona tersendiri yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Lokasi: Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya
Harga tiket: Gratis